Wong Cilik

Pesta demokrasi akan tiba sebentar lagi yaitu tanggal 9 April 2009. Denngan jalannya sistem demokrasi di Indonesia, maka semakin banyak orang yang ingin unjuk gigi dengan membangun beberapa partai. Banyaknya partai yang menjamur, menyebabkn para pemilih semakin kebingungan untuk menggunakan hak pilihnya. Saya masih ingat sekali pada jaman orde baru, hanya ada 3 partai yang memperebutkan kursi di DPR/MPR. Memang tidak bisa dipungkiri jika berapa pun banyaknya kursi di lembaga tinggi negara tersebut, tetaplah sang penguasa orde baru yang menjadi pemenang.

Kini keadaan telah berbalik, siapapun mempunyai hak untuk mendirikan partai. Mulai dari tukang becak hingga purnawirawan TNI, semua mempunyai hak untuk mencalonkan diri untuk duduk di kursi DPR. Dapat dibayangkan jika masyarakat salah pilih dalam menggunakan hak pilihnya, orang orang yang kurang berpendidikan baik moral maupun spiritual dapat menduduki jabatan yang dipercaya untuk menampung aspirasi rakyat.

Apakah Golput akan menjadi pilihan?
Kemungkinan jumlah warga yang golput akan lebuh banyak dari jumlah pemilih, hal ini terjadi karena masyarakat tidak mengetahui siapa saja caleg yang layak untuk dipilih. Untuk memilih partai saja mereka (masyarakat) lebih berhati hati. Masyarakat sudah tidak mau lagi jika suara yang mereka berikan untuk di salah gunakan. Tidak bisa dipungkiri memang, pejabat yang duduk di lembaga tinggi negara semacam DPR telah ketahuan kedoknya. Banyak diantara mereka yang terlibat kasus skandal korupsi dan skandal "money politic".

Langkah awal untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat adalah membangun kembali tatanan DPR yang bersih dari skandal uang dan politik yang tidak sehat. Menjadikan bahwa DPR benar benar bekerja untuk rakyat, sesuai dengan pedoman republik yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Atau mungkin para petinggi negara telah lupa dengan slogan itu pada waktu mereka masih SD?atau slogan itu hanya pemanis sewaktu di bangku sekolah saja?

Kini pilihan kembali jatuh ke tangan anda semua. Kita tunggu hasilnya siapa yang akan menang. Semoga saja siapapun pemenangnya dapat mengayomi masyarakat seperti semestinya.

Hidup Indonesia......
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar